Selasa, 11 Juni 2013

Bangkok Pattaya - Desember 2011 (Part 1)

Baru Sempet Upload nih Story nya, padahal udah di save file nya di dokumen pribadi aja.

Dalam tahun yang sama, akhirnya saya kembali ke Bangkok. Perjalanan kali ini banyak rintangan dan halangan. kondisi kesehatan sy yg sedang menurun (bahu, leher & tangan kiri sy sakit). salah satu peserta, weni tidak dapat ikut karena baru pindah ke kantor baru, jd belum dapat cuti. kendala lain nya, banjir yg melanda Bangkok mengakibatkan kami urung untuk berangkat pd 17 november, bersyukurnya air asia memberi kami penawaran ganti tgl penerbangan gratis smp dg 15 des. tiket yg kami beli sejak feb 2011 yg seharusnya penerbangan 17 - 21 Nov dirubah menjadi 3 - 7 desember 2011. tapi ada untungnya isu banjir bangkok ini, hotel tidak penuh, lebih murah, dan gak nyangka tgl 5 Des adalah Ultah Raja Thailand, jadi kami ikut merasakan kemeriahan Pesta Ultah Raja di Rattanakosin Island

hotel & tour yg sudah kami booking jg kami rubah tgl nya. hotel yg semula sy booking di Thai Cozy House Khaosan Road (udh DP 600 baht) dibatalkan, pindah ke Bangkok City Suite di Petchburi Road, bangkok kota. maksudnya takut kalau di Khaosan road dekat dg sungai chaopraya bakal mudah terkena banjir. lumayan juga kehilangan 600 baht DP di Thai Cozy House. personil kali ini yaitu saya, Syifa (satu team di kantor), Nikky (dulunya vendor di kantor), dan Fitri (ini kawan nya Nikky). 4 orang dg beda generasi. Syifa adalah personil termuda, selisih 9 tahun usia dg saya.

KiKa : Nikky, Fitri, Syifa, Tiah

Day1 (Sabtu, 3 Des 2011)

Kami berkumpul di Bandara Sukarno Hatta sabtu tgl 3 Des 2011 di Terminal 3. Per 17 November semua penerbangan air asia terpusat di terminal 3. terminal 3 ini baru. lebih bagus daripada terminal 2. masih sepi juga. sambil menunggu boarding, sy ajak kawan2 masuk ke lounge, gratis pk poin reward kartu kredit. menikmati snack & minuman, walaupun makanannya tidak semewah mutiara lounge di terminal 2. jam 4.25 kami sudah boarding. jam 4.55 tepat waktu air asia membawa kami terbang menuju suvarnabhumi Bangkok.

kami tiba di Bangkok jam 20.10 . setelah mengambil bagasi, kami menuju counter penjualan simcard, ada 2 counter AIS dan DTAC. kami pilih dtac, karena AIS antri sekali. pengalaman yg lalu, beli simcard baru di 7-11 pegawainya gak bisa bantu aktifin simcard. di bandara, simcard langsung di aktifkan. harga simcard 99 baht isi pulsa 35 baht (mahal ya). top up sekalian pulsanya 100 baht.

keluar dari bandara kami antri untuk naik taxi ... kali ini kami dapat family taxi (innova). argo pertama naik sama 35 baht. tapi gak tahu kenapa kok mahal banget ya, kayaknya supirnya bawa kita muter2 lewatin jalan macet. total 900 baht plus tol 100 baht. pdhal waktu yg lalu ke khaosan cm habis 500 baht sdh termasuk tol. si supir menawarkan antar ke pattaya 1500 baht. sy pikir urusan ke pattaya nanti saja lah.

sampailah kami di Bangkok City Suite Hotel. bagus juga hotel nya. harga kamar per malam 800 baht. normal nya 850 baht utk berdua. sdh termasuk buffet breakfast & internet gratis 30 menit / hari. setelah cek in, sdh jam 10 malam, teman2 ingin berkeliling, tapi di sekeliling hotel sudah sepi. tidak nampak keramaian. toko2 sdh tutup. berbeda sekali dg tinggal di khaosan road yg hingar bingar hingga jam 3 pagi. kyknya kok gak enak, jalan2 tapi smp jam 10 malam udah sepi. terpikir dlm benak saya, untuk pindah hotel besok ke khaosan ke Thai Cozy House yg sebelumnya sdh di booking.

Day 2 (Minggu, 4 Des 2011)

kami bangun agak siang, syifa semalam jet leg, tidur pulas bgt. smp telp bunyi jg gak mau angkat. sy buat pagi pertama di Bangkok tanpa tour, supaya bisa bangun agak siang. kami langsung ke resto, untuk buffet breakfast. aneka makanan & minuman bisa dinikmati. sy gunakan fasilitas internet gratis untuk menanyakan apakah msh ada 2 kamar di Thai Cozy House untuk kami tempati. setelah sarapan, kami sudah packing & cek out. koper dan tas kami titip di hotel. karena sore nanti kami akan pindah hotel ke khaosan road.

kami naik taxi 60 baht menuju erawan shrine (patung budha muka dua) dekat Amarin Plaza. kami foto-foto di Erawan, ternyata tempatnya kecil, patung Budha nya juga yg gak besar-besar banget. setelah selesai foto-foto kita ke amarin Plaza, ada miniatur lucu bagus buat spot foto.

setelah dari Amarin kita akan ke Platinum Fashion Mall, bingung ke arah mana akan kesana. kami coba bertanya & melihat marka jalan. tiba2 ada seorang Bapak yg ramah menanyakan akan kemana kita. sy tanya kmn arah Platinum Mall, Bapak tersebut menunjukkan arah jalan nya. setelah itu si Bapak memnginformasikan bahwa hari ini ada Thai Expo, khusus produk2 krajinan khas Thailand. Expo tutup sampai jam 1 siang. dia menyarankan kita utk datang ke expo, baru setelah itu ke Platinum Mall. si Bapak bilang dia kerja di kepolisan, sambil menunjuk ke kantor polisi di seberang erawan. dia hari itu sedang libur, jd berpakaian bebas. bapak tersebut menuliskan alamat Thai Expo & memberitahu utk kesana dpt menggunakan tuk tuk hanya dg 40 baht untuk ber-4. seterlah itu si Bapak meninggalkan kami, berpikir mau ke Platinum atau ke Thai Expo. kalau sy ke Thai Expo agak mikir, yg namanya Expo pasti barangnya mahal-mahal, sedangnkan budget kita terbatas, yg cm bisa buat belanja di catucak aja. Yang membuat saya curiga, si Bapak masih ada di kejauhan, seperti mengawasi kami. seharusnya kalau dia tidak ada kepentingan, dia bisa berlalu pergi setelah memberi kami informasi. sy jadi teringat tentang penipuan yg dilakukan supir tuktuk. sy pikir bapak ini pasti bekerjasama dg supir tuktuk utk menipu kami. akhirnya sy katakan ke teman2, kita ke Platinum Mall saja, budget kita gak cukup buat beli barang di Expo. kami masuk ke dlm central world, keluar dr mall, ternyata bapak tersebut masih nampak seliweran disana.

kami lanjutkan perjalanan menuju Platinum Mall sambil liat kanan kiri banyak pedagang kaki lima. kebetulan ketemu tukang jambu, murah seplastik 10 baht. kalau di tempat lain 20 baht (nyesel gak beli banyak). lumayan jauh jalan kaki nya. sampai juga di Platinum Mall. bajunya bagus-bagus. seperti baju impor dari china & korea. harga nya jg miring. keling-keliling mupeng waktu beranjak siang. kami harus ke catucak krn hari ini minggu adalah hari terakhir catucak open (cm buka sabtu & minggu). di seberang Platinum ada Pratunam Market, mirip spt Catucak (blm sempet explore). sy bilang ke teman-teman kita ke catucak dulu, nanti atau besok kita bisa balik ke platinum (walaupun akhirnya gak balik kesana krn uang nya sdh habis buat belanja di Catucak).

dr Platinum kita naik taxi ke catucak 100 baht. tapi kita salah turun, kita turun di pasar ikan, dekat JJ Mall. jadi kita perlu jalan putar balik lumayan agak jauh. sesampai di Catucak, ada liat yg jual kebab Halal, Syfa n Fitri ke toilet, sy antri buat beli kebab ayam 50 baht (klo yg sapi 70 baht) , nyobain kebabnya enak juga. trus ada yg jual teh tarik dari malaysia, yg jual pk kopiah sambil berputar putar nuangin teh tarik nya. berhubung udah jam makan siang muter-muter cari makan yg halal, ketemu satu tempat makan Noodle Soup With Chicken. Jadi yg dijual cuma mie ayam doang. mangkok nya besar, isi nya mie boleh pilih mie keriting, mie lebar, kwetiau, atau bihun, pake sayuran, trus ayam nya paha ayam utuh sama tulang leher dan ceker, porsi besar semangkuk 50 baht. minumnya di gelas kaleng dikasih es batu. mineral water beli 2 botol buat ber-3. syifa gak ikut makan, masih kenyang makan kebab. kayaknya mie ayam model begitu belum nemu di Indo. sambil makan Nikky buka email cek konfirmasi ketersediaan kamar di Thai Cozy House, kamar ada, langsung kita confirm akan cek in malam ini.

Bapak Penjual ulat, kalajengking, dll di Catucak

Aneka Makanan & oleh-oleh di Catucak

Menu Makan Siang : Noodle Soup With Chicken

start for shopping, pertama dapat kain sutra 250baht (dr harga 500 baht). trus dapat tas etnik 80 baht (dr harga 120 baht), dompet satu lusin 140 baht. beli es krim 20 baht. syifa beli es campur 20 baht. trus ada yg jual tas dari bahan jeans, cuma 60 baht, home made, ditawar 50 baht gak dikasih. sy beli puzzle buat anak2 di rumah 50 baht per puzzle. beli kaos 100 baht dapat 3 buat anak2. pokoknya klo ke catucak mesti bawa uang yg banyak. Nikky n Syifa beli celana model aladin. yg paling akhir di catucak adalah beli makanan khas Thailand. kripik durian 150 baht, cumi panjang 60 baht, kripik campur 80 baht, manisan 100 baht. pokoknya tentengan berat d. niat pulang dr catucak mau naik BTS urung, akhirnya naik taxi aja, maklum udah cape n belanjaan banyak banget.

taxi pertama yg kita naiki gak mau pake argo. jadi kita ganti taxi lain yg mau pk argo. awalnya supir taxi sudah setuju antar kita sampai Bangkok City Suite Hotel trus lanjut ke Khaosan Road. tapi sesampai di Hotel, dia bilang gak tahu jalan ke Khaosan Road. kalau menurut saya dia ditekan sama supir taxi yg mangkal di hotel, jadi dia batal antar kita ke Khaosan. saya tanya sm supir taxi yg mangkal di Hotel, dia minta 150 baht. menurut saya ke Khaosan yg hanya 1,5 km dr hotel paling mahal cuma 100 baht. kayaknya mending naik tuk tuk klo 150 baht, lebih etnik. akhirnya sy stop aja tuktuk untuk bawa kami n tas2 ke Khaosan. supir tuktuk bersedia dg harga 150 baht. si supir taxi memberi isyarat agar supir tuktuk naikan 200 baht, sy menolak. akhirnya deal 150 baht. sebelum jalan, sy foto dulu teman2 bersama tuktuk. si supir tanya apa sy mau difoto juga, sy bilang gak usah, udah punya foto sm tuktuk ... hehehe.

pindah hotel naik tuktuk. sampailah kami di Thai Cozy House di Tanee Road. lokasi 2 gang setelah Khaosan & Rambutri Road. semua tas dan koper diturunkan dari tuktuk. tas lipat saya akhirnya berfungsi juga, isi belanjaan dari catucak. saya mengurus cek in hotel. harga kamar 750 baht per malam untuk 2 orang, free breakfast & dapat kupon free thai massage 15 menit yg lokasinya di lantai 6 paling atas hotel. kalau dulu di Green House gak ada lift nya, di Thai Cozy ini kita gak perlu naik tangga. setelah memasukkan tas ke kamar, sy langsung turun ke bawah sebelah resepsionis untuk membayar floating market untuk esok hari. kami akan dijemput jam 7.20 dari hotel. sementara nikky & fitri mandi, sy dan Syifa keluar dari hotel buat cari makan. soalnya siang Syifa cuma makan kebab, dan bilang mulai pusing karena gak makan siang. sy cuma takut nanti maag atau apa, takut juga klo nanti syifa sakit & gak bisa kemana-mana. sy ajak ke Khaosan road, beli obat dulu di pharmacy, langsung menuju Mc D. ada menu baru, nasi dg chicken Teriyaki plus coca cola cuma 59 baht. lumayan, rasanya lebih indonesia.

Thai Cozy House

setelah makan kami kembali ke hotel. nikky & fitri akan keluar hotel cari makan malam, makan di seberang hotel. ada tempat makan halal yg jualnya juga pakai jilbab. makanannya soup dan mie. saya dan syifa langsung ke lantai 6, mau memanfaatkan thai massage gratis nya. saya tambah 30 menit bayar 120 baht (kalau 1 jam 200 baht). syifa setelah free massage langsung kembali ke kamar. setelah Nikky & Fitri selesai makan, mereka kembali ke kamar menjemput syifa untuk jalan-jalan ke khaosan road. saya yang memang sedang sakit, lebih memilih istirahat di kamar, menyiapkan stamina untuk besok.