Selasa, 11 Juni 2013

Bangkok Pattaya - Desember 2011 (Part 2)

Day 3 (Senin, 5 Des 2011)

bangun pagi, karena jam 7.20 akan tour floating market. jam 7 kami turun untuk breakfast. pilihan nya American, Oriental, atau Asian. Asian breakfast isinya Nasi goreng tapi pakai Babi, jadi saya pilih menu Oriental yg isinya buah2 an (irisan semangka, apel,pisang) topping yoghurt, roti plus mentega & selai strawberry, teh/kopi, jus jeruk ... bener-bener sarapan pagi sehat. Nikky, Fitri & Syifa memilih American Breakfast, bedanya buah2an di menu saya diganti dengan 2 telur mata sapi.

selesai sarapan minivan untuk ke floating market sudah standby di depan hotel. kami yg pertama dijemput. setelah itu minivan menuju khaosan road, menjemput  1 orang bule (gak tahu dari mana) dan 2 orang nenek dari Israel. Pada saat minivan keluar dari Khaosan road banyak iring-iringan orang berbaju pink. menuju lapangan Rattanakosin Island. ternyata hari ini adalah hari ulang tahun raja Thailand. semua penduduk turut merayakan di lapangan dekat Grand Palace. Semua menggunakan baju pink (yg artinya for Long Life Time for The King, Nikky tanya sama pemandu di Pattaya yg bisa bahasa melayu). jalanan siang hari akan sangat ramai, karena ada bazaar (hwaaaaa ... duite wis tipis).

perjalan menuju Damnoan saduak Floating Market sekitar 1,5 jam. Sampai di lokasi kami keliling menggunakan paddle 150 baht / orang. berkeliling floating market, tapi gak belanja, scara uang dah menipis & harga disana lebih mahal. kami hanya berkeliling saja, tanpa membeli. selesai keliling, Nikky & Fitri membeli suvenir foto di piringan seharga 50 baht / piring. seperti biasa, masih kurang oleh-oleh, teman2 belanja lagi. kaos Thailand. Setelah itu kami berkumpul naik perahu menuju cobra show (gak nonton sih), dari sana kami kembali ke Khaosan Road dengan minivan.

kami turun di taman dekat Khaosan Road, berniat untuk berjalan kaki ke Grand Palace. berhubung belum makan siang, maka kami berjalan menuju tempat bazaar sambil cari makanan halal. muter-muter sampai pusing, akhirnya ketemu sophia restaurant yg buka bazar, yg jual juga pake jilbab. menunya banyak. ada soup mie bakso & daging. ada ayam opor, ikan dipedesin, dll. ada aneka sate sosis juga. saya, nikky & fitri pesan nasi + ikan pedas, syifa nasi + ayam opor hrg 40 baht per porsi. melihat bapak di sebelah makan sup enak sekali, saya pesan tambah soup satu porsi 40 baht. Nikky & Syifa tambah sosis ayam big size 10 baht satu tusuk .... uenak tenan ....

Menu Makan Siang

selesai makan di jalan ternyata ada pembagian minuman nata de coco gratis dari Raja. Syifa & Fitri ikutan antri buat saya n Nikky. lumayan ngerasain minuman dari Raja. kami melanjutkan perjalanan menuju Grand Palace. gambling juga khawatirnya Grand Palace ditutup karena Raja Ultah. gak disangka ternyata Grand Palace tetap buka, kita dibagikan biskuit & air mineral gelas. plus yg paling penting Gratis masuk Grand Palace ... lumayan hemat 350 baht ... bisa buat belanja lagi. btw masuk Grand Palace naik harganya 400 baht.

selesai dari Grand Palace, kami menuju dermaga untuk naik perahu di Chao Praya River. niat nya sih mau ke Wat Arun. tapi kayaknya salah turun dari kapal. naik kapal 15 baht / orang.  akhirnya gak jadi ke wat arun (maaf ya teman-teman). kami turun di Pier Saphan Taksin, nyambung naik BTS menuju National Stadium. mau ke mall MBK, sekalian merasakan naik MRT nya Bangkok. di mall MBK bingung. mall nya gede, rame, tapi bingung mau beli apa. Nikky & Fitri beli kaos lagi. saya mau beli tambahan snack tapi harganya mahal banget.

Chaopraya River

dari MBK kami kembali ke hotel, tadinya mau naik taxi, tapi kepingin naik tuk-tuk lagi. akhirnya kami naik tuktuk 50 baht. mumpung di Bangkok, banyak-banyak naik tuktuk. malam harinya kami mulai packing, karena besok sudah harus cek out. sy stay di kamar. kalau seandainya saya gak sakit, pingin jalan-jalan ke luar bareng teman-teman, menyaksikan petasan & keramaian perayaan ultah raja. Malam ini mereka makan menu nasi di KFC, yang katanya bumbu ayamnya khas Thai yang aneh, untuk minumnya harus beli coca cola 1 liter.

Day 4 (Selasa, 6 Des 2011)

setelah sarapan, pagi ini kami akan mengunjungi masjid cakrabongse dan kuil Wat Pho. rencana kami akan cek out jam 11 siang. masjid Cakrabongse ternyata tidak jauh lokasinya dari hotel kami. jalan kaki sekitar 300m. masuk ke dlam gang kecil dimana di gang tersebut banyak ibu2 yg berjualan makanan halal. yang menarik jual ayam goreng Bangkok (big size ... nyesel lagi kenapa gak beli). sampai di depan masjid, ka mi bertemu dengan Bapak penjaga masjid yg sedang membersihkan masjid. Nama Bapaknya Ibrahim berasal dari Pakistan. Masjid dua lantai ini pada hari biasa hanya difungsikan di lantai 1 saja. tapi jika hari jumat, laki2 menempati lantai atas dan perempuan menempati lantai bawah untuk solat jumat. kami berfoto di depan mimbar masjid bersama si Bapak penjaga masjid.

dari masjid Cakrabongse, kami naik taxi menuju Wat Pho 50 baht. lokasinya bersebelahan dengan Grand Palace. tiket masuk Wat Pho 50 baht / orang. disinilah tempat patung budha tidur yang berlapis emas. kami berkeliling untuk berfoto sekitar 1 jam. di depan Wat Pho ada yang menjual suvenir, belanja lagi, tas, gantungan kunci, kaos. dari Wat Pho kami kembali ke hotel naik taxi meter 50 baht.

sampai di hotel sudah jam 11.30 kami langsung menurunkan barang-barang dan cek out. untuk ke Pattaya awalnya kami pesan ke supir taxi yg membawa kami ke Wat Pho untuk jemput jam 11.00 . tapi kami tunggu sampai jam 11.30 si supir tidak lewat juga. jadi akhirnya kami memberhentikan sembarang taxi yang lewat di depan hotel. hasil negosisai dengan si supir taxi kami dapat harga 1.200 baht include biaya tol. supirnya masih muda & ramah. walaupun tidak cakap berbahasa Inggris, tapi berusaha untuk bercerita, memberitahu ini itu tentang bangkok. pak supir terkesan dg personil muda kami syifa, dia tanya syifa usia berapa, bekerja atau kuliah. kami bilang syifa sudah bekerja. pak supir bilang kalau di Thai, seusia syifa itu masih kuliah. bekerja itu di usia 25. dia panggil syifa dg sebutan "Baby" ... hahaha ... pak supir yang ramah ini menjelaskan tempat-tempat yang kami lewati. termasuk istana raja.

perjalan menuju Pattaya ditempuh dlm waktu 3 jam. macet karena ada kecelakaan. akhirnya jam 3 sore kami sampai di penginapan kami Seaside Guest House. lokasinya sangat strategis, dekat dengan Pattaya Beach dan Mal Central Big C. per malam 650 baht untuk 2 orang, tanpa sarapan. kamarnya bersih, tapi berhubung kami dapat 2 kamar dg beda lantai, akhirnya kamar yg satunya tidak digunakan, kami tidur ber4 di satu kamar. gpp lah, kan cuma numpang tidur aja.

dari Jakarta saya sudah booking lewat sightseeing hotel pertunjukan Alcazar Show & Coral Island Tour untuk besok. hotel kami ternyata sangat dekat dg alcazar show. hanya 300m saja. tapi berhubung booking lewat tour, kami tetap dijemput menggunakan van. kami dapat jadwal show jam 8 malam, dan akan di jemput jam 7.30.  jadi waktu masih panjang, dan kami sudah kelaparan karena belum makan siang. setelah meletakkan barang2 ke dalam kamar, kami cari makan. cuma salah ambil jalan. saya ambil jalan ke arah pantai, yang gak ada penjual makanan. padahal kalau jalan ke arah sebaliknya kita bakal ketemu sama mall Central, disana ada KFC, ada Mc D, ada tempat makan pinggir jalan juga. berhubung sudah salah jalan, kami naik songthew ke Mike Shopping Mall. Mall ini model kayak ITC, tidak terlalu ramai. ada food court di lantai 5. kami menemukan makanan yang lumayan. kami order 1 ikan gurame besar 80 baht telur dadar 30 baht 4 piring nasi 40 baht dan 2 botol air mineral 20 baht. lumayan rasa nya. ditambah sudah lapar berat.

selesai makan kami kembali ke hotel, tapi mampir dulu ke mall central. nikky & fitri ke lantai atas, niatnya pingin nonton midnight di Thailand. jadi mereka ngecek ada film apa dan harga tiket berapa. dengan susah payah bertanya, karena penjaga bioskop nya gak bisa bahasa inggris. saya mampir ke pharmacy ngeborong Counterpain, soalnya disana harga nya murah, ukura 30mg harga 50 baht (15rb) di jakarta 29rb. dan disana ada ukuran besar 120gr hanya 140 baht. agak aneh sebenernya, karena di kotak counterpain ditulis produksi Bogor Indonesia, tapi gak tahu kenapa di Indonesia harga nya lebih mahal. jauh-jauh ke Bangkok, yang diborong Counterpain ... hahaha

selesai ngeborong counterpain & koyo tiger balm, kami kembali ke hotel, hanya 200m jalan kaki. sambil menunggu kami dijemput jam 7.30 untuk Alcazar Show, kami mandi, beres2 barang belanjaan dan mulai packing. tepat jam 7.30 jemputan ke Alcazar datang. peserta lain adalah pasangan suami istri dari India. kami dapat show yang jam 8 malam. Alcazar ini adalah show lady boy yang luar biasa cantik, yg cantiknya ngalahin lady beneran. Alcazar show berisi tari-tarian tradisional dari berbagai negara, dipadu juga dengan lagu modern. selesai show, para waria akan berkumpul di halaman dan kita dapat foto bareng, tapi bayar 100 baht klo mau foto. klo foto polaroid langsung jadi 200 baht.

selesai Alcazar show, kami ditanya mau diantar kembali ke hotel atau kemana, kami bilang minta diantar ke walking street. kata bapaknya, walking street tidak cocok untuk keluarga, disana adalah bar-bar tempat para pria. kami nekat gak papa, kami cuma ingin tahu walking street itu ada apa. diantar lah kami sampai walking street. kami masuk ke dalam area walking street, namanya juga walking, jadi gak ada kendaraan yang masuk ke area tersebut. ternyata disana adalah tempat bar - bar. dimana para wanita berjajar di depan bar menawarkan makanan dan entah apalagi. hanya sampai di tengah, kami langsung keluar dari area walking street.

Jam menunjukkan pukul 10 malam, sudah lapar dan mau cari makan Mc D. kami berjalan menyusuri pantai Pattaya. Nikky Fitri & Syifa berfoto di tepi pantai dengan mengambil background tulisan Pattaya City. Untuk para wanita agar berhati hati berjalan di sepanjang pantai. karena di Pattaya dibanding bule single yang muda & ganteng, lebih banyak kakek-kakek bule pensiunan yang mencari kesenangan dengan wanita lokal. buat cewek indo, yang wajahnya memang agak mirip dengan wanita Thailand, untuk berhati hati, karena para kakek ini akan berusaha untuk menawar kalian.

setelah berfoto kami menuju salah satu tempat makan ... dragon place. disana ada Mc D & KFC. kebetulan Mc D nya gak punya menu nasi, jadi kami ke KFC yang ada menu nasinya. teman-teman masih trauma dengan menu nasi di KFC, tapi untungnya rasanya lebih OK dibading menu yang dijual di KFC Khaosan. perjalan kali ini saya tidak merasakan Tom Yum Kung, karena teman-teman yang lain kurang suka dengan yang asam & pedas. Selesai isi perut sudah jam 11 malam, saya kembali ke hotel. Niky Fitri & Syifa ke Mall Central, niatnya mau nonton Midnight. Tapi jam 12 sudah masuk ke hotel, katanya Mall udah tutup, gak tau lewat mana kalau mau masuk ke bioskopnya. malam ini kami harus final packing dan tidur seranjang ber-4.

Day 5 (Rabu, 7 Des 2011)

Jam 8 pagi kami keluar dari hotel untuk sarapan pagi. Agak susah cari sarapan di Pattaya. Mc D nya cuma menyediakan burger, mahal lagi 45 baht satu burger. saya beli nasi 2 bungkus. kebetulan saya bawa teri kacang & kentang ebi dari Jakarta. jadi kami duduk di depan KFC, makan nasi dan lauk yang dibawa dari Jakarta. Syifa makan roti yang dibeli di 7-11 tadi malam.

selesai sarapan kami kembali ke hotel, sebelum kami berangkat tour, kami cek out terlebih dahulu dari hotel, koper & tas kami titip di resepsionis. Jam 9 kami dijemput menggunakan songthew untuk tour ke Coral Island, tour ini saya beli 500 baht/orang, online booking via www.sightseeingpattaya.com . Kami berkumpul di Pattaya Beach, menunggu rekan2 lain berkumpul. Jam 10 kami naik boat menuju Koh Larn Island. Ada 3 pasang suami istri, ada bapak Ibu India dan putranya, ada 5 kakek-kakek yang datang telat karena sarapan dulu.

Boat melaju membawa kami menuju Koh Larn Island. Tapi kami akan berhenti di dua titik. Tempat pemberhentian pertama adalah kapal dg dek yang luas, untuk para peserta yang mau paraseling dikenakan biaya 300 baht. Saya dan teman-teman tidak ambil paraseling, jadi kami menunggu di dek sambil lihat-lihat toko souvenir. Setelah selesai boat melaju kembali. Kami berhenti di kapal besar lagi, disini peserta yg ikut SEA WALKER , turun ke dalam laut, dan berjalan di dasar laut, bisa memegang ikan secara langsung, biaya nya 500 baht per orang. Berhubung kami adalah traveler budgeted, yg gak ada budget buat paraseling atau see walker (biar aja d, dibilang turis indo kere juga). Sementara peserta yg lain Sea Walker, kami tetap di dalam boat, dibawa berkeliling di pulau tersebut. Setelah selesai, kami lanjut menuju titik terakhir yaitu koh larn island.

Koh Larn Island yang biasa disebut dg Coral Island, pantainya masih bersih dan jernih. Di pantai ini tertata rapih antara area pantai, para pedagang dan penjual souvenir. Kami sampai di pantai jam 11, dan akan kembali jam 1 siang. Berhubung gak niat berenang jadi gak bawa baju ganti juga, kami hanya keliling pantai dan berfoto, lalu duuk-duduk di tepi pantai.

Jam 1 boat yang mengantar kami datang untuk menjemput. Cuaca mendung, hujan, ombak tinggi, sehingga boat melaju kencang, agar dapat menandingi ombak yg tinggi. Kalau boat melaju pelan, boat akan kalah oleh ombang dan dapat terbalik. Jadi sambil berdoa di dalam hati, kami harus terguncang-guncang di dalam boat. Akhirnya setelah 45 menit kami sampai di Pattaya Beach. Kami langsung diajak ke resto Indian (di awal tour kami diminta memilih menu makan siang ala Thai atau ala Indian). Berhubung bingung jadi kami pilih yg Indian yang pastinya gak ada menu babi nya. Kami makan siang di resto India, dg menu ayam & kare.

Selesai makan kami dijemput kembali oleh Songthew, dan akan diantar kembali ke Hotel. Tapi kami minta diantar ke Central Festival untuk cari oleh-oleh titipan. Dari central Festival kami mampir lagi ke Central Park, lalu kembali ke Hotel. Di depan hotel ada desk yang menerima pemesanan taxi. Saya booking taxi yg kecil untuk ber-4. biaya nya 800 baht + 60 baht biaya tol. Ternyata taxi nya adalah taxi gelap, artinya mobil sedan pribadi yang mengantar kami ke bandara, sopirnya masih muda, kelihatan seperti anak kuliah.

Sedan yang kami tumpangi melaju sampai bandara. Tol lancar, kami sampai di bandara jam 7 malam. Kami sempat berfoto sebelum masuk ke bandara. Di central festival saya beli nasi plus telur dadar 12 baht, ayakm bakar setengah ekor & 2 ayam goreng. Setelah urus bagasi & cek in untuk dapat boarding pass, kami cari tempat untuk makan. Kami makan malam di tempat duduk ruang tunggu. Padahal di pesawat kami dapat makan, tapi berhubung penerbangan kami jam 8.55 , sudah lapar duluan, jadi lebih baik kami makan dulu. Selesai makan kami segera masuk ke gate, yang ternyata pesawat on time, kami sampai lari-lari karena sudah dipanggil untuk segera masuk ke dalam pesawat.
Pesawat sampai di Jakarta pukul 00.30 dini hari Kamis 8 Desember 2012. sudah ngantuk berat, padahal besok harus tetap kerja. Berakhirlah tour kali ini bersama teman-teman muda. Terima kasih untuk perjalanan nya kali ini.